Siswa di Majalengka Tidak Lulus UN Hanya 2,49 Persen

Majalengka – Sebanyak 228 siswa SMA/SMK/MA sederajat di Majalengka dinyatakan tidak lulus ujian nasional (UN) 2010. Kendati begitu, mereka diharapkan mengikuti ujian nasional ulang tanggal 10-14 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Majalengka, Rieswan Graha mengatakan tingkat kelulusan UN tahun 2010 ini mencapai 97,51 persen atau mengalami penurunan sebesar 0,41 persen dibanding tahun 2009 yang mencapai 98 persen lebih.
“Jumlah siswa SMA sederajat yang tidak lulus di Majalengka sebanyak 228 siswa atau 2,49 persen, terdiri dari siswa SMA 31 siswa, siswa MA 66 siswa dan siswa SMK sebanyak 131 siswa, “ujar Rieswan kepada wartawan usai menghadiri rapat di gedung DPRD Majalengka, Senin (26/4) siang.
Sementara siswa yang lulus mencapai 7.387 siswa, terdiri dari 3.575 siswa SMA, sebanyak 742 siswa MA dan 3.070 siswa SMK dari jumlah total keseluruhan siswa yang mengikuti sebanyak 7.624 siswa.
“Jadi tingkat kelulusan turun 0,41 persen, pengumuman sudah dilakukan di sekolah masing-masing siang ini .Untuk yang tidak lulus, masih diberi kesempatan ujian ulang, kalaupun gagal bisa mengikuti kelompok belajar (Kejar) paket C,” katanya.
Menurut Rieswan, berdasarkan hasil UN tersebut pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap pola pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Selain itu peningkatan terhadap kualitas guru pun juga kan ditingkatkan, yakni melalui sertifikasi.
“Hasil tersebut sudah bagus, namun untuk lebih meningkatkan lagi , kita akan melakukan inovasi-inovasi sehingga kualitas guru dalam mengajar lebih baik, “tegasnya.
Berdasarkan data yang dihimpun majalengkaonline, siswa SMA terbanyak yang dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang adalah SMAN 2 Majalengka, yakni 8 siswa dari 273 siswa yang mengikuti, yang lulus sebanyak 265 siswa. Sementara untuk siswa SMK, adalah dari SMK 1 Palasah, yakni sebanyak 31 siswa harus mengulang dari 189 siswa yang ikut UN, yang lulus sebanyak 158 siswa.
Sementara itu pantauan di lapangan, pengumuman kelulusan UN SMU dan SMK di Majalengka juga diwarnai aksi coret dan konvoi di sejumlah ruas jalan di Majalengka, sebagian dari mereka melakukan aksi corat coret diluar lingkungan sekolah seperti yang dilakukan oleh Siswa SMA PGRI 1 Majalengka.Puluhan siswa ini melakukan aksi corat coretnya sebuah lapangan Bola Voli di Jalan Cibasaleh, Majalengka Kulon. Sambil menunggu hasil kelulusan yang dikirimkan melalui pos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: