Majalengka Masih Kekurangan Dokter

MAJALENGKA, (PRLM).- Kabupaten Majalengka masih kekurangan dokter umum dan dokter ahli sehingga pelayanan terhadap orang sakit belum maksimal. Bahkan di Puskesmas Sukamulya, Kecamatan Kertajati dan Puskesmas Margajaya, Kec. Lemahsugih masih belum ada penempatan dokter.

Tidak adanya dokter di puskesmas ataupun dokter praktik di daerah sangat dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar puskesmas. Saat sakit, masyarakat cukup kesulitan untuk melakukan pengobatan. Mereka terpaksa harus menuju puskesmas lain atau rumah sakit yang ada di luar daerah dalam kondisi sakit parah dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Mamah Fatimah (70), warga Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih, pekan kemarin mengalami diare hingga kekurangan cairan cukup banyak. Dia terpaksa menahan rasa sakit hingga pagi hari karena di pukesmas tidak ada dokter. Sementara ke rumah sakit jaraknya mencapai puluhan kilometer ditambah saat malam hari tidak ada angkutan umum.

Hal senada juga disampaikan Dedah (40), juga warga Desa Lemahputih, yang mengaku terpaksa berobat ke Kab. Sumedang karena di daerahnya tidak ada dokter.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Majalengka dr. H. Asep Suwandi saat dimintai konfirmasi mengenai hal tersebut membenarkan kurangnya tenaga dokter di Kabupaten Majalengka.

Dokter puskesmas saja, menurutnya, masih kekurangan dua orang. Belum dokter gigi dan dokter lainnya yang idealnya di puskesmas selain ada dokter umum juga memiliki dokter gigi. Hal itu agar perawatan-perawatan kecil bisa dilayani di puskesmas sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh berangkat ke rumah sakit.

Hal serupa juga disampaikan Direktur RSUD Majalengka H. Ali Alimudin. Ia mengakui masih membutuhkan cukup banyak tenaga dokter. Saat ini dokter jaga di instalasi gawat darurat (IGD) setiap harinya hanya satu orang. Dokter tersebut termasuk harus memberikan pelayanan terhadap pasien rawat inap di saat malam hari atau hari libur. (C-29/A-147)***

One Response to Majalengka Masih Kekurangan Dokter

  1. Aan S Arcadie mengatakan:

    memprihatinkan sekali. semoga putra daerah khususny yang jadi dokter bisa kembali memebantu keswehatan di majalengka, slam kenal
    tuk blogger majalengka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: